Ketahui 5 Cara Lolos Inteview Kerja yang Ampuh

Ayonguli.com - Setelah lulus SMA, SMK atau Kuliah, kamu mungkin sudah mengincar suatu perusahaan untuk berkarir. Namun, terkadang hanya soal inteview, langkah kamu bisa terhenti. Oleh karena itu, sebelum kamu melamar pekerjaan sebaiknya persiapkan diri sebaik mungkin untuk inteview. 

Kamu harus mempunyai kondisi fisik yang sehat serta mental yang kuat dalam menghadapi wawancara kerja. Kamu harus bisa membuat manager personalia terkesan dengan pembawaanmu. Memang tidak mudah, tapi ada 5 cara lolos inteview kerja yang ampuh.
5 Cara Lolos Inteview Kerja yang Ampuh

Apa Itu Interview Kerja?

Interview adalah bagian terpenting dalam penerimaan karyawan atau pegawai dan sangat menentukan apakah seorang karyawan diterima atau tidaknya. Jawaban-jawaban dari interview atau wawancara kerja merupakan langkah untuk mengetahui seberapa minat calon karyawan bekerja di perusahaan dan seberapa besar pengetahuannya.

Selain itu, wawancara kerja juga merupakan pengenalan terhadap karyawan sesuai dengan sistem perusahaan. Baik pada segmen seleksi tertulis lolos, tapi pada seleksi lisan ini tidak lolos, membuat para calon karyawan tidak diterima kerja. 

Meskipun berkali-kali tidak lolos saat seleksi wawancara, kamu tidak boleh menyerah. Teruslah mencoba dan perbaiki kesalahan-kesalahan yang telah kamu lakukan sebelumnya saat interview kerja. Kamu bisa coba 5 cara lolos interview kerja yang ampuh di bawah ini!

Ini 5 Cara Lolos Interview Kerja yang Ampuh 

ketahui 5 cara ini sehingga kamu bisa lolos dalam interview kerja :

Persiapkan diri dan tetap optimis


Persiapan ini meliputi fisik yang sehat, penampilan, alat tulis dan sebagainya. Selain itu, kamupun bisa membuat daftar pertanyaan-pertanyaan yang biasanya ditanyakan dalam wawancara kerja. Kamu bisa menyiapkan beberapa pertanyaan, kemudian mintalah teman atau orang lain untuk menanyakannya kepadamu. 

Berlatihlah menjawab pertanyaan dengan baik dan sikap yang tepat. Pastikan manager personalian terkesan dengan kamu. Sikap selalu optimis juga diperlukan karena bisa meningkatkan rasa percaya diri kamu. Jadi, selalu optimis saat akan interview kerja. 

Tampilkan poin plus

Ketahui kelebihan dalam diri kamu, persiapkan poin-poin plus yang menjelaskan bahwa diri kamu pantas diterima sebagai karyawan di perusahaan itu. Dengan menampilkan kelebihan kamu, maka membantu perusahaan menempatkan kamu pada posisi yang sesuai dengan kemampuan kamu itu. 

Kenalilah perusahaan tempat kamu melamar dan berpikir positif


Sebelum melamar, kamu harus mengetahui betul tentang perusahaan tersebut. Dengan mengenali perusahaan, kamu bisa mengantisipasi pertanyaan yang akan muncul saat wawancara kerja. Ada kalanya tim personalian memberikan pertanyaan tentang sisi-sisi negatir di lingkungan kerja kamu sebelumnya. 

Saat itu terjadi, lebih baik kamu jawab dengan jawaban positif atau mengalihkan ke hal lain jika kamu tidak ingin membahasnya. Jawaban kamu itu termasuk poin penting pada penilaian wawancara kerja. 

Bawa CV


Soal CV beberapa perusahaan ada yang menginginkan ditulis dengan tulisan tangan dan adapula yang digital atau tanpa kertas. Sebaiknya kamu mengikuti aturan perusahaan mengenai hal ini. CV ini berisi tentang data diri kamu dan pengalaman belajar serta bekerja. 

Pastikan gerak-gerik dan bahasa tubuh sesuai


Penampilan memang sangat penting dan itu adalah penilaian pertama. Namun, gerak-gerik tubuh kamu juga membantu pewawancara mengenali karakter kamu. Dari cara kamu menjabat tangan, kontak mata sampai menjawab pertanyaan menentukan keberhasilan wawancara kerjamu.

Selain 5 cara lolos interview kerja yang ampuh, kamupun harus sering berlatih. Latihan berbicara, latihan bersikap dengan baik sampai latihan duduk yang benar. Tak hanya itu, kamu juga tidak boleh minder dengan peserta wawancara lainnya. Latih mental kamu sebaik mungkin karena dengan mental yang berani, kamu bisa meraih kesuksesan interview kerja.

0 Response to "Ketahui 5 Cara Lolos Inteview Kerja yang Ampuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel