Perhitungan Bunga Pinjaman Usaha di Bank

Bagi anda yang sering melakukan pinjam meminjam untuk keperluan usaha di bank pastinya tidak akan jauh-jauh dengan yang namanya bunga. Dengan variasinya yang berbeda-beda di setiap produk pinjaman pasti akan membuat anda menjadi penasaran dengan bunga pada pinjaman.

Apa sih bunga yang sering ada didalam pinjaman itu? Bunga merupakan sebuah penambahan nilai yang terdapat didalam pinjaman yang berguna agar bank mendapatkan bagian dalam membantu anda saat membutuhkan pinjaman.

Pasti anda mempunyai pikiran bagaimana sih perhitungan bunga yang ada didalam pinjaman itu? Nah, beruntung pada postingan kali ini anda akan segera mengetahui bagaimana sih perhitungan yang diterapkan pihak bank dalam menghitung bunga pinjaman untuk usaha itu.



Perhitungan Bunga Pinjaman Usaha di Bank


Perhitungan Bunga Pinjaman Usaha di Bank

Bunga pinjaman ternyata bisa dihitung oleh si peminjam loh, tidak melulu harus dihitungkan oleh pihak bank. Dan pastinya apabila anda sudah mengetahui bagaimana menghitung bunga pinjaman, anda akan bisa memperhitungkan biaya yang harus dikembalikan setelah meminjam uang.

Perhitungan bunga ini seharusnya harus dikuasai atau setidaknya harus dimengerti oleh para pengusaha terutama bagi yang usaha yang dibangunnya sudah mempunyai prospek yang baik, karena bisa memudahkan dalam hal administrasi dalam usaha.

Bagaimana sih perhitungan bunganya itu? Langsung saja simak dibawah ini.

  • Perhitungan bunga pinjaman dalam bentuk flat

Apa sih arti dari bunga flat itu sendiri? Bunga flat dalam artian yang paling mudah dipahami adalah bunga yang tetap stabil atau sama selama proses pinjaman berlangsung, artinya apabila bunga yang ditawarkan oleh bank sebesar 1% nantinya bunga bulan berikutnya juga 1%.

Terus bagaimana sih perhitungannya? Untuk proses perhitungan bunga dalam bentuk flat ini sangat lebih mudah daripada bentuk kedua yang akan dijelaskan dibawah nanti.

Anda hanya perlu mengkalikan jumlah pinjaman yang anda pinjam dengan besarya bunga yang diberikan. Seperti contoh, apabila anda meminjam uang sebesar 100 juta dan bunga bulanan sebesar 1%, anda hanya perlu mengkalikannya dan diperoleh bahwa bungannya yaitu sebesar 1juta.

Contoh diatas merupakan rekaan saja, tetapi biasanya dalam pinjaman yang ada didalam perbankan bunganya merupakan bunga tahunan yang berarti 1 juta merupakan bunga yang sudah dijumlahkan dalam bentuk tahunan.

  • Perhitungan bunga dalam bentuk efektif

Bunga efektif merupakan bunga yang semakin lamanya jumlah angsuran yang dipilih maka akan semakin sedikit pula bunga yang diberikan. Untuk pinjaman dengan bunga seperti ini, angsurannya dihitung sesuai dengan sisa jumlah dari total pinjaman.

Biasanya bunga efektif ini ditujukan untuk pinjaman dalam jangka waktu yang relatif lama. Terus bagaimanakah cara menghitung bunganya? Perhitungannya seperti dibawah ini.

Misalkan anda meminjam uang di bank sebesar 120 juta dengan bunga efektif sebesar 10%, anda bisa menghitungnya :

Pada bulan pertama anda bisa mengkalikan jumlah pinjamanmu seperti contoh yaitu 120 juta dengan bunga 10% dan jumlah bulan cicilan merupakan 24 bulan, kemudian akan diketahui bunga pada bulan pertama sebesar 1 juta.

Kemudian pada bulan kedua anda hanya perlu mengkalikan kekurangan pinjaman yang harus dikembalikan seperti pada contoh pada bulan pertama sudah dikembalikan sebesar 5 juta berarti kekurangan yang harus dibayarkan adalah 115 juta.

Nah dari situ bisa dihitung langsung bungannya, contohnya seperti mengkalikan 115 juta dengan jumlah bunga dan jumlah bulan cicilan sehingga nanti bisa diketahui jumlah bunga yang harus dibayarkan.


Menghitung bunga sebelum melakukan pinjaman akan lebih baik lagi ketimbang langsung mendapatkan besaran bunga setelah melakukan persetujuan pinjaman karena apabila sudah direncanakan diawal pastinya akan lebih mudah dalam mengatur pembayarannya sekaligus bisa memperhitungkan kemampuan dalam mengembalikan pinjaman dari bank tersebut.

Itulah artikel mengenai perhitungan bunga pinjaman yang ada di bank. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda para pelaku usaha yang ingin mempersiapkan semuanya agar lebih rinci dan terkondisikan dengan baik.

0 Response to "Perhitungan Bunga Pinjaman Usaha di Bank"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel