Modal Membuka Usaha Kuliner di Rumah

Membuka sebuah usaha sendiri merupakan salah satu pencapaian yang bagus bagi setiap manusia yang mempunyai jiwa berbisnis. Mengapa bisa dibilang bagus? Karena dari situlah jiwa bertanggungjawab dan berani mengambil resiko serta peluang menjadi meningkat.

Terlebih lagi dengan membuka sebuah usaha berarti seseorang tersebut sudah bisa dibilang menjadi seorang bos atau atasan. Sehingga kemandirian yang ada didalam diri akan menjadi tinggi dan akhirnya lebih mudah dalam menghadapi sebuah permasalahan.

Salah satu usaha yang bisa dibilang tidak terlalu ribet tetapi bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda yaitu usaha kuliner. Kuliner merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, sehingga peluang mendapatkan pembeli sangat besar.

Tetapi membuka sebuah usaha kuliner bahkan dirumah sekalipun pastinya membutuhkan modal. Apa saja sih modal yang harus dimiliki dan dimanakah bisa memperoleh modalnya? Langsung saja simak dibawah ini.


Modal Membuka Usaha Kuliner di Rumah



Usaha kuliner merupakan salah satu usaha yang bisa diterapkan di tingkat rumahan, yang pastinya mempunyai resiko yang lebih kecil dibandingan membuka usaha dengan target yang besar tetapi pesaingnya pun banyak.

Yang namanya usaha pastinya membutuhkan modal, oleh karena itu anda harus bisa mendapatkan dan memaksimalkan modal tersebut. Bagi anda yang ingin berniat membuka sebuah usaha kuliner dirumah, anda bisa menjadikan informasi mengenai modal dalam membuka usaha kuliner dibawah ini sebagai referensi anda.

1. Niat menjadi modal utama

Walaupun membuka usaha kuliner di tingkat rumahan terkesan mudah, tetapi apabila tidak didasari dengan niat yang baik, bisa dipastikan usaha tersebut akan sulit berkembang bahkan menjadi terpuruk.

Niat menjadi modal utama dalam berwirausaha, apalagi bagi anda yang sedang membangun usaha dari awal, pastinya akan mengalami berbagai kendala yang harus dihadapi sebelum meraih sebuah keberhasilan.

Oleh sebab itu, niat yang kuat pasti akan memudahkan seseorang dalam menjalankan usahanya terutama bagi yang baru masuk kedalam dunia perbisnisan.

2. Mau belajar dan mencoba

Modal yang bisa dikatakan sangat penting bagi seseorang yang mau membuka sebuah usaha kuliner yaitu keinginan dan kemauan untuk belajar dan mencoba. Dari hasil belajar tersebut bisa diterapkan kedalam usahanya, dan akhirnya pasti akan membuahkan hasil yang lebih baik.

Berbeda bagi seorang wirausahawan yang masih takut dalam mencoba terlebih lagi tidak mau belajar dari kesalahan atau kesuksesan orang lain, pastinya usaha yang dibangun kurang powerfull dalam menaklukkan konsumennya.

3. Menggunakan tabungan seadanya

Saat membuka usaha pertama kali terlebih lagi di tingkat rumahan, gunakanlah tabungan yang anda punyai seadanya, jangan langsung memaksakan seperti ini seperti itu, karena cara membuka usaha dengan paksaan hasilnya akan kurang.

Mulailah dari yang kecil terlebih dahulu, misalnya membuka usaha kuliner di rumah maka buatlah dengan jenis jajanan terlebih dahulu yang membutuhkan modal yang tidak terlalu besar.

Apabila usaha sudah mulai berkembang dan sudah memperoleh keuntungan, maka diperbesar lagi cakupannya. Dengan kata lain, merintis dari bawah dan mengembangkannya secara bertahap.

4. Bekerjasama dengan orang lain

Membuka sebuah usaha kuliner khususnya dirumah yang bisa dijadikan pekerjaan sampingan ternyata tidak selamanya harus membutuhkan modal yang besar terlebih dahulu.

Bagaimana cara membuka usaha tetapi tidak membutuhkan modal yang besar? Pastinya dengan melakukan kerjasama terlebih dahulu dengan orang lain. Misalnya, anda ingin membuka usaha kuliner sosis dan bakso bakar, maka anda bisa bekerjasama dengan para distributor produk atau bahan tersebut.

Sehingga anda bisa membuka usaha tanpa harus membeli bahannya, karena sudah di sediakan oleh rekan kerjamu, tetapi akhirnya juga harus dilakukan pembagian hasil seperti kesepakatan sebelumnya.

5. Meminta bantuan kerabat

Membuka usaha rumahan tidaklah selalu sendirian saja, terkadang bantuan dari teman yang saling mensupport bisa menambah kejelasan dan kemajuan dari usaha rintisan tersebut.

Bukanlah hal yang salah apabila meminta bantuan kepada teman dalam hal seperti ini, karena niat dalam membuka usaha saja sudah sangatlah bagus. Tinggal anda saja yang harus bisa membujuk teman agar bisa membantu dalam membangun bisnis tersebut.

Bantuan tidak selamanya berupa uang, bisa juga dalam bentuk bahan baku ataupun alat yang dibutuhkan didalam usaha kuliner yang anda bangun.

Contohnya apabila anda ingin membuka bisnis kuliner aneka olahan pisang, anda bisa meminta bantuan temanmu yang mempunyai perkebunan pisang agar menyediakan bahannya, untuk hasilnya bisa dibagi sesuai dengan haknya.

6. Meminjam modal di tempat pinjaman

Anda mau mendapatkan modal yang instant dan pastinya lebih cepat cairnya untuk urusan modal dalam berbisnis? Dizaman sekarang sangatlah mudah. Banyak sekali tempat pinjaman yang bermunculan baik tempat pinjaman offline maupun online, semuanya sudah tersedia.

Tempat pinjaman offline contohnya seperti bank, pegadaian, dan lain sebagainya. Sedangkan tempat pinjaman online merupakan sebuah website maupun aplikasi yang menyediakan pinjaman terutama dalam hal modal bisnis.

Tetapi dalam melakukan pinjaman dana untuk modal membuka usaha haruslah tetap hati-hati dan selektif serta harus bisa menyesuaikan kebutuhan yang memang sudah diperhitungkan sebelumnya. Karena, kebanyakan tempat pinjaman mempunyai bunga yang pastinya sangat bervariatif.


Modal yang dibutuhkan dalam membuka sebuah usaha kuliner dirumah sangatlah luas. Mulai dari modal untuk persiapan, kemudian modal dalam pengoperasian, dan lain sebagainya.

Tidak selamanya modal berhubungan dengan uang, karena modal juga bisa muncul dari pemilik usaha itu sendiri seperti niat itu sendiri. Karena tanpa sebuah niat yang pasti dalam membuka usaha kuliner, akan sangat sulit dalam mengembangkan usaha yang dibangun tersebut.

Itulah artikel mengenai modal membuka usaha kuliner dirumah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi anda yang berencana membuka sebuah usaha kuliner dirumah.

0 Response to "Modal Membuka Usaha Kuliner di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel